ASI Tersumbat

Sebagian besar ibu menyusui pernah mengalami ASI tersumbat bahkan mastitis (peradangan pada jaringan payudara). Saluran ASI yang tersumbat biasanya terjadi pada salah satu payudara, namun ada juga ibu menyusui yang mengalami pada kedua payudara sekaligus, kondisi ini sering disebut dengan istilah blocked duct atau plugged duct.

Penyebab ASI Tersumbat

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan ASI tersumbat, antara lain:

  • Saluran ASI bisa tersumbat jika saluran susu tidak mengalami pengosongan dengan baik.
  • Produksi ASI yang jauh lebih banyak daripada jumlah ASI yang dihisap oleh bayi.
  • Tidak menyusui bayi secara rutin dan teratur.
  • Milk blister atau bintik putih yang menyumbat lubang puting.
  • Tekanan berlebihan pada payudara, misalnya saat memerah ASI, bra yang terlalu ketat, posisi tidur yang tidak benar, dll.
  • Stres, kelelahan, sistem imun yang lemah, dan anemia.
Penyebab ASI Tersumbat
baca juga

Cara Mengatasi ASI Tersumbat

Jika hal ini dibiarkan, bayi tentunya akan rewel karena lapar dan juga Moms merasa kesakitan karena tibul bengkak atau sebagainya.Lalu, apa yang harus dilakukan bila ASI tersumbat? Berikut beberapa cara yang harus dilakukan bila ibu menyusui mengalami ASI tersumbat:

Kompres dengan Air Hangat

Langkah utama yang bisa Moms lakukan adalah mengompres payudara yang bengkak dengan air hangat. Cara ini akan membantu ASI mengalir. Namun hati-hati air yang digunakan untuk mengompres jangan terlalu panas, karena akan menyebabkan iritasi pada kulit payudara.

Agar panas terasa lebih lama, gunakan diaper sekali pakai yang masih bersih untuk mengompres. Dibandingkan dengan kain atau handuk kecil, cara ini lebih praktis dan terasa lebih nyaman. Atau Moms juga bisa mandi dengan air hangat atau berdiri di bawah shower air hangat, biarkan air hangat tersebut mengaliri payudara yang mengalami sumbatan. 

Kompres dengan Air Hangat
baca juga

Beri Pijatan Lembut

Setelah mengompres payudara, Moms bisa pijat payudara dengan lembut. Gerakannya melingkar pada payudara yang mengalami sumbatan baik sebelum dan selama menyusui, cara ini dapat membantu melonggarkan sumbatan ASI.

Lakukan gerakan pijatan juga pada bagian yang keras ke arah puting, agar mendorong ASI yang tersumbat. Jangan lupa gunakan massage oil atau baby oil agar terhindar dari rasa perih saat memijat payudara yang tersumbat.

Beri Pijatan Lembut

Rutin Menyusui

Susui terus si kecil agar saluran ASI Anda lancar kembali. Usahakan agar posisi dagunya mengarah pada bagian yang tersumbat, walaupun mungkin Moms harus mencoba berbagai posisi menyusui yang belum pernah Moms lakukan sebelumnya. Usahakan tubuh Moms berada di atas dengan payudara menggantung ke bawah, agar aliran ASI lebih lancar.

Rutin Menyusui

Rutin Memompa ASI

Setelah menyusui, perah atau pompa sisa ASI yang masih ada di dalam payudara. Jangan khawatir dengan berapa banyak yang Moms dapatkan, karena tujuannya adalah membuat saluran lancar kembali.

Sebaiknya memerah dengan cara manual saja, dilakukan dengan tangan saat aliran ASI tersumbat. Terkadang bila menggunakan pompa payudara elektrik, dapat menyebabkan payudara yang bengkak terasa sakit dan kurang nyaman karena daya sedotnya.

Rutin Memompa ASI

Gunakan Bra Ibu Menyusui

Seringkali sumbatan ASI pada payudara diperburuk oleh tekanan eksternal, seperti bra yang tidak cocok ukurannya atau baju yang terlalu ketat juga bisa mengakibatkan penyumbatan saluran ASI.

Oleh sebab itu, pastikan ibu menyusui menggunakan bra menyusui yang benar-benar sesuai dan cocok dengan ukuran ibu menyusui. Selain itu, gunakan juga atasan yang longgar, sehingga memberikan ruang pada payudara ibu menyusui.

Gunakan Bra Ibu Menyusui