Ciri-ciri kanker rahim stadium awal
Kanker rahim ini merupakan salah satu jenis kanker yang banyak ditemui pada wanita. Mereka yang berisiko antara lain wanita berusia di atas 50 tahun, obesitas, hingga mereka yang memiliki penyakit diabetes. Untuk mengurangi risiko kanker rahim, sangat penting menerapkan gaya hidup sehat, seperti olahraga teratur, pola makan seimbang untuk mencegah obesitas yang dapat berkembang menjadi diabetes tipe 2. Menurut The Eve Appeal, menggunakan alat kontrasepsi oral juga dapat membantu menurunkan risiko kanker rahim.

Jadi Momok Menakutkan, Kenali Ciri Kanker Rahim Stadium Awal yang Sering Diabaikan
source: https://www.abadikini.com/2019/02/16/mari-mengenal-gejala-kanker-rahim/

Gejala kanker rahim stadium awal jarang sekali terlihat, bahkan mungkin tidak menimbulkan gejala sama sekali hingga sel kanker menyebar ke jaringan di sekitarnya. Untuk mengetahui apakah Moms terkena kanker rahim biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan melalui panggul, tes darah, sinar X, histeroskopi (menyisipkan tabung cahaya ke vagina untuk memeriksa kondisi di dalam rahim dan dinding rahim), hingga biopsi. Berikut ini tanda-tanda awal kanker rahim yang wajib Moms tahu:

Pendarahan abnormal
Pendarahan vagina yang tidak beraturan adalah gejala yang paling umum dari kanker rahim. Pendarahan ini biasa terjadi diantara periode menstruasi, setelah hubungan seksual atau perdarahan pasca-menopause.

Jadi Momok Menakutkan, Kenali Ciri Kanker Rahim Stadium Awal yang Sering Diabaikan
source: https://klubwanita.com/cara-mengatasi-menstruasi-berlebihan

Nyeri panggul
Nyeri selama berhubungan seksual atau pada waktu lain yang menunjukkan bahwa ada perubahan abnormal pada leher rahim, atau hal ini juga bisa terjadi akibat kondisi yang kurang serius.

baca juga

Keputihan yang tak biasa
Selain pendarahan vagina, keputihan yang berair dan bercampur darah juga bisa menjadi gejala kanker rahim. Selain itu, keputihan juga bisa memiliki bau busuk, berwarna jernih atau kecokelatan.

Jadi Momok Menakutkan, Kenali Ciri Kanker Rahim Stadium Awal yang Sering Diabaikan

Nyeri saat berhubungan seksual
Moms jangan menganggap sepele jika merasakan nyeri saat berhubungan intim dengan pasangan. Pasalnya, itu menjadi salah satu dari gejala awal kanker  rahim. Jangan malu untuk mengkonsultasikan ke dokter kandungan agar bisa segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Nyeri saat buang air kecil
Jika Moms memiliki ketidaknyamanan saat buang air kecil karena nyeri, serta warna air seni yang bercampur darah Moms bisa langsung memeriksakan kondisi tersebut ke dokter spesialis kandungan ya, karena bisa jadi itu juga merupakan tanda awal kanker rahim.

 

Jadi Momok Menakutkan, Kenali Ciri Kanker Rahim Stadium Awal yang Sering Diabaikan
source: https://www.google.co.id/amp/s/hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/penyebab-anyang-anyangan/amp/

Nah Moms, berikut tadi adalah 5 gejala awal kanker rahim. Teruslah menerapkan gaya hidup sehat, makan makanan bergizi dan rutin memeriksakan diri ke dokter ya. Semoga informasi ini bermanfaat!