Tips Ampuh Mencegah Bau Mulut Saat Puasa, Segarkan Mulut dan Lancarkan Puasa

Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut bisa jadi kendala tersendiri di bulan puasa. Duh, bisa bikin canggung dan enggak nyaman kalau mulut bau. Sebenarnya penyebab bau mulut di bulan puasa umum terjadi karena keringnya mulut sebab ketiadaan air liur atau diistilahkan xerostomia.

Faktanya, air liur di dalam mulut memiliki fungsi untuk membunuh bakteri berlebih penyebab bau tidak sedap. Nah, jadi jika mulut kering dan tidak mengandung air liur, maka perkembangan bakteri di mulut jadi tidak terkendali dan menyebabkan bau mulut tidak sedap.

Selain faktor tersebut, penyakit sinusitis juga menyebabkan bau mulut yang tidak sedap saat berbicara dengan orang lain. Mengapa? Karena penyakit sinusitis menyebabkan penderitanya menghasilkan lendir kental berbau yang mengalir dari rongga sinus ke tenggorokan.

Penyebab lain bau mulut yang lebih serius adalah gangguan saluran pencernaan. Gangguan pencernaan yang umum terjadi yakni maag dan penyakit asam lambung. Bila Moms terkena penyakit asam lambung, lingkaran otot bawah Esofagus tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, asam lambung keluar dari lambung sampai ke mulut. Nah, asam yang naik inilah yang menyebabkan bau tidak sedap pada mulut dan sangat mengganggu. 

Tips Ampuh Mencegah Bau Mulut Saat Puasa, Segarkan Mulut dan Lancarkan Puasa

Cara Mencegah dan Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Cara mencegah dan mengatasi bau mulut saat puasa sebenarnya saat mudah, Moms bisa mengawali dengan perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Air putih inilah yang nanti berfungsi untuk meningkatkan produksi air liur di dalam mulut. Lancarnya produksi air liur pun bisa membantu mulut agar tidak kering, tetap bersih dan terhindar dari bau mulut sepanjang hari.

Cara lain tentu dengan sikat gigi setelah sahur dan sebelum tidur. Bau mulut yang tidak sedap bisa terjadi karena bakteri yang berkumpul pada mulut, karenanya sikat gigi secara bersih akan menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Selanjutnya, bersihkan lidah dan terakhir bersihkan mulut dengan berkumur. Dengan begitu bakteri yang tersembunyi sekalipun akan hilang.

Sedangkan untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap harus dengan pola hidup sehat, contohnya hindari merokok saat sahur. Nikotin pada rokok mengandung bahan-bahan kimiawi sehingga dapat memicu bau mulut. Selain itu, coba hindari makanan manis dan berbau saat sahur seperti coklat atau pete.

Konsumsi teh hijau, juga bisa jadi piliham bijak untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap. Karena kandungan zat polyphenolnya bisa membantu pembersihan bakteri di area saluran nafas.
Menyiapakan diri di bulan suci mulai dari kebersihan diri. Mulailah membersikan diri berawal dari cegah bau mulut agar senantisa sehat dan segar saat silahturahmi. Yuk Moms hidup sehat mulai hari ini!