Kulit Dehidrasi Saat di Pesawat?

Berpergian menggunakan pesawat memang dapat menghemat banyak waktu. Namun di sisi lainnya, ada efek negatif pada kulit akibat rendahnya tingkat kelembapan udara di dalam pesawat. Efek negatifnya kulit dehidrasi saat di pesawat.

Tekanan udara yang tipis, perasaan gugup, dan tertekan saat berada di pesawat dapat membuat kondisi kulit wajah menjadi stres. Selain itu, dalam ketinggian tertentu saat naik pesawat membuat posisi tubuh lebih dekat ke matahari, otomatis resiko wajah akan lebih terkena paparan sinar UV lebih tinggi. Gawatnya kulit wajah akan menjadi kering, kusam, iritasi, hingga muncul jerawat bila mengalami dehidrasi.

Duh, Kulit Dehidrasi Saat di dalam Pesawat? Atasi dengan Tips Ini, Moms!

Tips Mencegah Kulit Dehidrasi di Pesawat

Dehidrasi kulit saat dipesawat memang perlu diatasi agar tidak memberi dampak lebih buruk. Tips mencegah kulit dehidrasi di pesawat salah satunya dengan minum banyak air putih.
Minumlah 2 liter air sebelum, saat, dan setelah penerbangan, agar tubuh dan kulit tetap terhidrasi. Ingat ya Moms agar tidak perlu bolak-balik ke kamar mandi saat di pesawat, minum dengan porsi sedikit dulu saja. Dan sebaiknya, hindari minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi seperti kopi, teh, maupun soda.

Tips selanjutnya dengan pakai masker malam sebelum melakukan perjalanan. Merawat kulit dengan pakai masker yang mampu memberikan kelembapan ekstra, jadi kulit enggak mudah dehidrasi. Agar praktis, gunakanlah masker berbentuk tisu tinggal pakai.

Duh, Kulit Dehidrasi Saat di dalam Pesawat? Atasi dengan Tips Ini, Moms!

Langkah pencegahan lainya adalah dengan memakai pelembab. Pakai pelembab dengan kandungan nutrisi yang lengkap karena lama perjalanan dengan kondisi udara pesawat yang kering akan membuat wajah cepat kering. Untuk perjalan jauh lebih dari 2 jam sebaiknya Moms gunakan kembali pelembap, untuk terus memberikan nutrisi pada kulit serta menghindari radiasi dari sinar matahari.

Oh ya Mom meskipun disarankan dalam pemakai pelembab saat dalam perjalanan, namum pemakaian spray facial mist untuk melembapkan kulit sebaiknya tidak dilakukan. Kenapa? Karena jika menggunakan face spray justru kulit wajah menjadi lebih kering.

Dalam kondisi ruangan yang kering seperti dalam kabin, udara justru menyerap cairan yang berada di sekitarnya. Selain itu, produk face pray yang terkena kulit juga akan lebih cepat menguap dan mengakibatkan kulit lebih kering lagi.

Selain wajah perawatan kulit kepala juga harus diperhatikan ya Moms. Pakai deep conditioning rambut sebelum berangkat adalah pilihan bijak bila ingin berpergian dengan pesawat.
Dengan pemakaian deep conditioning akan merilekskan rambut serta bisa membantu menguatkan dan menyehatkan rambut. Jadi rambut tetap rapi dan sehat walau perjalanan jauh.
Moms merawat kesehatan tubuh bukan hanya harus saat di rumah ya, dalam perjalanpun Moms harus aware tentang kondisi kulit tentunya agar tubuh makin terawat dan senantiasa sehat.