Apa sih yang menyebabkan badan terasa lemas saat awal puasa? Ini karena umumnya tubuh tidak mendapatkan zat gizi selama berjam-jam setelah sahur padahal tubuh perlu karbohidrat yang diolah menjadi gula. Gula ini akan diproses menjadi sumber energi menjalani aktivitas sepanjang hari.

Nah, demi menghindari hal tersebut coba deh tips tak lemas di hari pertama puasa berikut ini!

Kuatkan niat

Dimanapun dan kapanpun, niat adalah hal penting yang bisa membuat seseorang mewujudkan apa yang diinginkan, termasuk puasa. Jadi kalau ingin menjalani hari pertama puasa dengan lancar dan anti lemas sebaiknya kuatkan niat jika memang ingin berpuasa satu hari penuh demi menjalankan kewajiban sebagai umat muslim.

7 Tips Jitu Anti Lemas dan Tetap Segar di Hari Pertama Puasa
source: https://myfitnesspal.com

Sahur dengan makanan bernutrisi

Sahur itu penting, supaya nggak lemas di hari pertama puasa moms harus makan sahur. Makanan yang dikonsumsi saat sahur pun juga harus makanan yang bernutrisi. Makan makanan yang tinggi protein dan karbohidrat kompleks. Hindari makanan instan seperti mie atau makanan frozen.

Perbanyak minum air putih saat sahur

Meski harganya sangat murah dibanding minuman lain, tapi air putih punya segudang manfaat untuk tubuh. Air putih mampu memberikan energi pada otot, mempertahankan suhu tubuh normal, mencegah gangguan pada fungsi pencernaan dan meningkatkan kerja otak agar tubuh tetap produktif meski kekurangan asupan nutrisi. Minum air putih minimal 2 gelas saat sahur ya moms!

7 Tips Jitu Anti Lemas dan Tetap Segar di Hari Pertama Puasa
source: https://www.eatthis.com

Sikat gigi setelah sahur

Jangan sepelekan sikat gigi setelah sahur ya moms. Karena kegiatan ini nggak cuma bisa membuat nafas jadi lebih segar tetapi juga bisa mencegah plak dan gigi berlubang. Malas sikat gigi setelah sahur dapat menyebabkan gangguan lidah, gigi, gusi, dan mulut loh.

Istirahat cukup

Ada baiknya saat puasa tidur lebih awal, hindari deh yang namanya begadang! Kurang tidur dapat menyebabkan kerja otak jadi lemah dan kehilangan kemampuannya dalam berkonsentrasi, komunikasi, serta mengingat. Buruknya lagi mood bisa jadi naik turun layaknya wanita yang sedang PMS. Nggak mau kan seharian mood berantakan cuma karena kurang tidur di hari pertama puasa?

baca juga
7 Tips Jitu Anti Lemas dan Tetap Segar di Hari Pertama Puasa
source: https://popsugar.com

Sibukkan diri dengan aktivitas

Puasa nggak ada alasan jadi malas-malasan. Moms malah harus produktif layaknya hari-hari diluar bulan Ramadan. Salah satu aktivitas yang bisa moms lakukan adalah olahraga. Olahraga saat puasa mampu meningkatkan sensitivitas insulin, merangsang hormon, meningkatkan fungsi kognitif, dan menambah stamina. Sebaiknya lakukan olahraga saat 1 hingga 2 jam sebelum waktu berbuka ya.

Jangan tunggu waktu berbuka

Terakhir, coba deh hindari kebiasaan menunggu waktu berbuka. Sadar atau nggak menunggu waktu buka puasa malah membuat waktu buka puasa terasa jauh lebih lama. Isilah waktu ngabuburit dengan kegiatan yang menyenangkan seperti memasak, baca buku, jalan sore, atau mendalami agama lewat dakwah yang ada di youtube misalnya.