Ketupat Kandangan
​​​​​​

Dengan datangnya bulan suci Ramadhan tentu akan diakhiri juga dengan hari kemenangan umat islam atau Idul Fitri yang pasti paling ditunggu-tunggu setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh nanti. Berbicara mengenai hari raya tentu berkaitan dengan momen berkumpul dengan keluarga setahun sekali yang wajib dirayakan dengan makanan lezat khas hari lebaran seperti ketupat ya, Moms.

Setiap daerah di Indonesia tentu memiliki rasa dan cara penyajian ketupat berbeda yang menjadi ciri khasnya masing-masing, seperti ketupat padang atau Betawi. Jika umumnya ketupat disajikan bersama sayur labu siam dengan campuran kacang Panjang dan opor ayam atau rendang, berbeda dengan ketupat kandangan, Moms. Dari mana asal-usulnya dan apa sih yang membuat ketupat kandangan unik? Berikut selengkapnya, Moms.

Wajib Ada di Hari Lebaran, Sudah Kenal dengan Ketupat Kandangan? Intip Resepnya Juga, Moms!

Asal Usul Ketupat Kandangan
​​​​​​

Ketupat kandangan merupakan sajian ketupat khas Kalimantan Selatan, Moms. Nama ketupat kandangan diangkat dari daerah asalnya yaitu Kandangan sebuah kecamatan sekaligus ibu kota kabupaten Hulu Sungai Selatan yang letaknya berada di sebelah utara Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Menu khas ketupat kandangan ini dengan mudahnya Moms temui ketika berkunjung ke Kalimantan Selatan atau sekitar Banjarmasin dan bukan hanya saat momen lebaran saja, Moms.

Wajib Ada di Hari Lebaran, Sudah Kenal dengan Ketupat Kandangan? Intip Resepnya Juga, Moms!
baca juga

Ketupat Kandangan Terbuat Dari

Ketupat kandangan terbuat dari beras khusus yang membuat ketupat akan mudah hancur dan menyerap kuah. Selain itu, kuah dari ketupat kandangan ini lebih kental dan gurih yang berasal dari campuran santan dan bumbu-bumbu rempah seperti cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, gula merah dan terasi serta kerap juga menggunakan kayu manis, pala, cengkih dan kapulaga dalam pembuatannya.

Wajib Ada di Hari Lebaran, Sudah Kenal dengan Ketupat Kandangan? Intip Resepnya Juga, Moms!

Ciri Khas Ketupat Kandangan
​​​​​​

Yang membedakan ketupat asal Kalimantan Selatan ini dengan ketupat lainnya yaitu ketupat kandangan disajikan bersama ikan haruan atau yang lebih kita kenal dengan ikan gabus yang diolaj dengan cara dibakar atau diasapi sebagai menu pelengkapnya, Moms.

Mungkin cocok nih jadi referensi sajian ketupat jika Moms sedang bosan dengan olahan opor ayam atau daging sapi dalam rendang sebagai paduan ketupat saat lebaran nanti. Ikan gabus memang tinggi protein lho dan juga dagingnya lembut sehingga dengan mudah menyerap kuah ketupat yang membuatnya jadi tambah lezat, Moms.

Wajib Ada di Hari Lebaran, Sudah Kenal dengan Ketupat Kandangan? Intip Resepnya Juga, Moms!
baca juga

Ketupat Kandangan Resep

Bahan-Bahan:

  • 8 potong ikan haruan (gabus) yang sudah di panggang
  • 12 buah ketupat siap pakai
  • 1 kg kelapa parut
  • 1 btr telur
  • 3 liter air
  • Bawang goreng secukupnya
  • 3 buah cabe kering utuh
  • Sambal goreng sebagai pelengkap sesuai selera
Bahan Bumbu Halus:
  • 2 ruas kencur seujung jari
  • 6 butir kemiri
  • 2 ruas jahe sebesar ibu jari
  • 12 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 2 ruas sereh yang dimemarkan
  • 1 ruas lengkuas yang dimemarkan
  • garam dan penyedap secukupnya
Cara Membuat:
  1. Rebus telur dan panggang ikan gabus.
  2. Siapkan kelapa parut dalam wadah dengan ½ liter air. Kemudian remas-remas kelapa yang sudah bercampur air untuk mendapatkan santan kelapa. Setelah diperas kemudian saring santan.
  3. Masak santan bersama sereh dan lengkuas sambil diaduk perlahan. Sebelum mendidih masukkan bumbu yang telah dihaluskan kemudian aduk santan agar tidak pecah. Lalu tambahkan garam dan penyedap.
  4. Aduk terus santan hingga mendidih dengan api sedang lalu matikan api setelah matang. Saring jika ada sari yang mengapung.
  5. Masukkan ikan gabus yang sudah dipanggang ke dalam kuah santan yang mendidih. Aduk lagi perlahan dan jangan sampai ikan hancur. Tambahkan juga telur rebus ke dalam kuah sebagai pelengkap.
  6. Siapakan ketupat yang telah dipotong-potong di piring saji. Tuangkan kuah santan diatasnya beserta ikan gabus dan telur rebus. Beri taburan bawang goreng dan sambal goreng jika suka.
  7. Ketupat kandangan telah siap disantap! (untuk 8 porsi)
Wajib Ada di Hari Lebaran, Sudah Kenal dengan Ketupat Kandangan? Intip Resepnya Juga, Moms!