Tidur siang saat puasa memang merupakan aktivitas umum yang dilakukan siapa saja, moms. Saat puasa tubuh seperti lebih mudah lelah dan mengantuk karena kurangnya asupan. Jadi wajar saja jika tidur saat puasa, meskipun tidur saat puasa sering dianggap sebagai kegiatan bermalasan dan mengurangi produktivitas diri. Tapi sebenarnya, selain tidur saat puasa yang dipercaya bernilai pahala, tidur saat puasa juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan lho moms. Di bawah ini moms bisa simak apa saja manfaat tidur siang saat puasa.

Mengeluarkan Gas Dalam Tubuh

Mungkin selama puasa pola tidur moms akan terganggu seperti tidur yang terlalu malam, sehingga moms bisa ganti dengan tidur siang. Salah satu manfaat tidur siang saat puasa yakni mengeluarkan gas dalam tubuh. Setelah sahur, biasanya perut seperti terisi penuh, apalagi jika moms meminum air yang banyak yang bisa membuat perut kembung. Nah tidur siang dapat membantu moms mengeluarkan gas yang tidak dibutuhkan tubuh, sehingga perut tidak lagi kembung dan lebih nyaman. Keinginan membuang gas tersebut biasanya setelah moms bangun tidur.

Mengeluarkan Gas Dalam Tubuh
baca juga

Menurunkan Stres

Tidak hanya saat puasa saja, saat tidak puasa pun tidur menjadi cara untuk mengurangi stres atau membuat pikiran lebih tenang. Apalagi saat sedang puasa ya, moms. Dalam keadaan lapar pun mood juga bisa berubah-ubah dan membuat pikiran tidak tenang. Jika sudah seperti itu, disarankan tidur siang saat puasa selama kurang lebih 90 menit untuk mengembalikkan pikiran yang jernih sehingga tidak mengganggu aktivitas puasa moms. Fokus dalam bekerja pun makin meningkat. Selain itu, tidur siang saat puasa dapat menormalkan tekanan darah sehingga dapat menurunkan risiko penyakit asam lambung dan maag.

Menurunkan Stres

Mengurangi Masalah Pencernaan

Selama berpuasa risiko mengalami masalah pencernaan seperti diare atau infeksi pencernaan bisa saja moms alami karena kurangnya waktu tidur selama puasa.  Tidur siang saat puasa dipercaya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Selama tidur siang, tubuh tidak mendapat asupan makanan ataupun minuman, selama itu pula proses pembersihan sistem pencernaan tubuh terjadi. Metabolisme tubuh pun juga ikut membaik jika moms tidur siang saat puasa.

Mengurangi Masalah Pencernaan
baca juga

Penyerapan Nutrisi Lebih Baik

Selain membersihkan tubuh, tidur siang saat puasa membantu penyerapan nutrisi asupan yang lebih baik, sehingga tubuh terasa lebih fit setelah bangun tidur. Namun perlu ketahui untuk tidak terlalu lama tidur siang saat puasa. Meski rutin tidur siang, tidur siang saat puasa dilakukan maksimal 1 jam.  

Penyerapan Nutrisi Lebih Baik

Detoksifikasi Alami

Manfaat lain dari tidur siang yakni detoksifikasi tubuh secara alami. Sehingga tidur siang saat puasa ini tidak hanya berdampak baik bagi kesehatan pencernaan tetapi juga baik untuk kesehatan kulit. Kekurangan makanan bergizi dan air mineral membuat kulit menjadi kering, akan tetapi dengan tidur siang saat puasa bisa membantu kulit tubuh lebih terasa lembap.

Detoksifikasi Alami