Tarawih Bersama Anak

Tarawih Bersama Anak

Senang rasanya melihat antusias si kecil saat menjalankan ibadah puasa, dibalik kesenangan itu pula, ada sebagian Moms yang masih was-was jika mengajak si kecil ikut tarawih. Dilarang enggak mungkin, ikut pun takut mengganggu yang lain. Jika Moms salah satunya, Moms bisa nih mempraktekkan beberapa tips di bawah ini, diantaranya:

1. Pastikan Anak Sudah Makan Sebelum Tarawih

1. Pastikan Anak Sudah Makan Sebelum Tarawih

Penting hukumnya mengajak si kecil keluar dalam keadaan kenyang. Hal ini dapat mengurangi cranky pada si kecil di tengah-tengah perjalanan. Terutama saat sholat tarawih. Berikan si kecil makanan yang sehat dan seimbang sehingga akan nyaman di perut si kecil. Hindari memberikan makanan terlalu manis yang bisa membuat si kecil jadi malas bergerak.

baca juga

2. Bawa Perlengkapan Anak

2. Bawa Perlengkapan Anak

Anak kecil akan sangat antusias jika perlengkapan sholatnya lengkap. Hal ini dapat membuat si kecil lebih bersemangat terutama jika menggunakan alat sholat dengan karakter favoritnya. Selain alat sholat yang lengkap, Moms juga bisa membawa air minum agar si kecil tidak kehausan selama sholat tarawih.

3. Beri Contoh yang Baik

3. Beri Contoh yang Baik

Mengajari anak untuk sholat tarawih memang susah-susah gampang. Namun memberikan contoh yang baik dapat dengan cepat melekat pada ingatan si kecil. Mulailah ajari si kecil dari hal-hal kecil seperti mengucapkan salam ketika masuk ke mesjid, memberi tahu bahwa ketika sholat bukan hanya kita yang ingin beribadah, orang lain pun ingin ibadahnya khusyu' sehingga si kecil lebih bisa menghargai orang lain.

baca juga

4. Beri Hadiah Jika Anak Tak Rewel

4. Beri Hadiah Jika Anak Tak Rewel

Jika sholat tarawih telah usai dan si kecil berhasil tidak rewel dan tidak mengganggu orang lain. Tak ada salahnya untuk memberikan hadiah sehingga si kecil lebih merasa bangga dan mulai bisa mengamalkannya meskipun di kemudian hari sudah tidak di beri hadiah lagi. Kenangan yang indah akan selalu melekat pada si kecil.

Selamat mencoba dan selamat menunaikan ibadah puasa, Moms dan Dads.