Pakai Kutek Kuku Saat Hamil

Kutek atau cat kuku terdiri dari bahan dasar air, minyak, pewarna serta beberapa kandungan kimia yang memiliki fungsi tertentu. Dimana bahan kimia ini cukup memberikan dampak negatif bagi ibu hamil serta janinnya. Jadi untuk mengantisipasi, sebaiknya moms perhatikan beberapa hal ini dahulu.

Pakai Kutek Kuku Saat Hamil

Tips Aman Pakai Kutek Kuku Saat Hamil

Cek Kandungan Utama Kutek Kuku

Kandungan utama pada kutek adalah kandungan TPHP atau Triphenyl phosphate yang bisa menganggu fungsi hormon. TPHP sendiri biasanya digunakan untuk membuat kuteks lebih tahan lama dan mudah diaplikasikan. Sehingga dikhawatirkan zat kimia ini akan mempengaruhi sistem metabolisme tubuh, dan menimbulkan masalah kesehatan.

Waspada Kandungan Formalin

Formalin digunakan sebagai bahan pengeras pada kutek. Zat ini cukup berbahaya karena dapat menyebabkan dampak negatif pada saluran pernapasan seperti hidung, tenggorokan, paru-paru dan mata. Namun walau begitu, formalin tidak membahayakan janin karena biasanya digunakan dalam jumlah sedikit pada cat kuku, serta zat ini mudah terurai di dalam tubuh moms.

Tips Aman Pakai Kutek Kuku Saat Hamil
baca juga

Hindari Kutek dengan Kandungan Toluene di Atas 0.2%

Kandungan lainnya yang digunakan dalam cat kuku adalah Toluene, yang memiliki fungsi untuk melicinkan kuku agar pengaplikasiannya menjadi lebih mudah. Mirip dengan formalin, kandungan ini juga memiliki dampak negatif pada saluran pernapasan dan mata, bahkan jika semakin besar, juga beresiko merusak sistem saraf hingga menyebabkan kecacatan pada bayi. Tentunya hal ini terjadi jika moms terus-menerus menghirup Toluene secara langsung. Juga sebisa mungkin moms hindari pemakaian cat kuku jika terdapat kadar toluene lebih dari 0,2% untuk menghindari resiko tersebut.

Waspada Bahan Kimia Lainnya

Selain kandungan yang sudah dijelaskan di atas, kandungan lain seperti Methyl methacrylate monomer juga patut diwaspadai karena dapat menimbulkan alergi. Bahkan bahan ini juga cukup berbahaya bagi wanita yang sedang tidak hamil sekalipun.

Hindari Kutek dengan Kandungan Toluene di Atas 0.2%